ASEAN University Games 2024 Peluang Emas Promosikan Destinasi Wisata Indonesia ke Mancanegara

Rabu, 26 Juni 2024 - 23:55 WIB
loading...
ASEAN University Games...
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo berharap ASEAN University Games (AUG) 2024 bisa mempromosikan destinasi wisata Indonesia. Foto/dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo berharap ASEAN University Games (AUG) 2024 bisa mempromosikan destinasi wisata Indonesia ke mancanegara. Ini merupakan ajang kompetisi olahraga di ASEAN.

Angela Tanoesoedibjo mengatakan ASEAN University Games 2024 menjadi ajang yang sangat baik untuk mendorong sisi sportivitas generasi muda dan menjadi pintu kesempatan bagi mereka untuk dapat berjejaring lebih luas lagi di kawasan Asia Tenggara.

"Selain itu, para delegasi bisa langsung merasakan betapa kayanya budaya Indonesia. Acara ini juga memberikan pengalaman bagi para delegasi untuk mengenal Indonesia sebagai destinasi olahraga yang nyaman dan aman," kata Angela dalam siaran resminya, Rabu (26/6/2024).

Pembukaan AUG 2024 yang berlangsung di GOR Bola Basket Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Jawa Timur pada Rabu, 25 Mei 2024 ditandai dengan pengibaran bendera ASEAN University Sports Council (AUSC) dan AUG serta dinyalakannya obor oleh perwakilan atlet.



Indonesia khususnya Surabaya dan Malang terpilih oleh AUSC untuk menjadi tuan rumah AUG 2024. Hal ini menandakan bahwa Indonesia sudah menjadi tuan rumah AUG sebanyak lima kali sejak pertama kali diadakan pada 1981.

AUG diikuti atlet-atlet mahasiswa dari perguruan tinggi yang berasal dari 11 negara. Diproyeksi jumlah atlet, pelatih, hingga suporter yang hadir dari berbagai negara mencapai lebih dari 3.000 orang.

Adapun negara yang turut berpartisipasi yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Lao PDR, Myanmar, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Timor Leste, dan Indonesia.

Kesediaan Indonesia menjadi tuan rumah AUG 2024 merupakan bagian dari komitmen untuk berpartisipasi dalam mencapai tujuan AUG, serta membina kualitas pendidikan di bidang olahraga dan mendapatkan pengalaman berharga untuk menjadi bagian dari komunitas olahraga se-Asia Tenggara.



"Dengan konsisten diselenggarakannya ajang-ajang seperti ASEAN University Games ini, kami harapkan dapat lebih mendorong wilayah-wilayah Indonesia sebagai destinasi sport tourism ke depan," jelasnya.

AUG 2024 akan mempertandingkan perlombaan pada 21 cabang olahraga. Antara lain, futsal, petanque, bola voli, tenis, renang, panjat tebing, bola basket 3x3, judo, bola tangan, wushu, bridge, catur, atletik, bola basket, bulu tangkis, panahan, voli pantai, sepak takraw, taekwondo, pencak silat, dan karate.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)